15 Jajanan Korea Yang Pastinya Bakal Bikin Kamu Ngiler

Dibuat oleh blogunik

Setiap negara pastinya memiliki jajanan yang wajib dicicipi ketika berkunjung, seperti halnya di Korea Selatan. Korea Selatan tak hanya dikenal memiliki drama dan film yang menarik untuk ditonton saja, namun negeri ginseng ini juga memiliki beragam jajanan yang wajib di cicipi.

Buat kalian yang gemar menonton drama atau film tentunya sudah tak asing lagi dengan beberapa jajanan Korea Selatan, hal ini dikarenakan biasanya disetiap drama diselipkan jajanan Korea Selatan. Ketika menontonya tak jarang kita merasa ingin mencicipinya karena dilihat dari penampakannya sepertinya sangat enak. Dari sekian banyak jajanan Korea, blogunik merangkum beberapa jajanan Korea Selatan yang pastinya bakan bikin kamu ngiler.

15 Jajanan Korea Yang Enak dan BIkin Ngiler

1. Bindae-tteok (Pancake Kacang Hijau)

Jajanan Korea Yang Enak

photo via tripadvisor.co.kr

Jika kamu sedang liburan ke Korea Selatan dan kebetulan sedang mengunjung salah satu tempat terpopuler yaitu Myeongdong. Jangan lupa untuk menyicipin jajanan satu ini yaitu bindae-tteok atau pancake kacang hijau. Jajanan satu ini sejenis buchimgae yang berasal dari Provinsi Pyongan.

Mulanya Bindae-tteok yang terdapat potongan daging babi gurih diatasnya hanya dapat dinikmati oleh orang kaya saja. Sedangkan untuk kelas sosial yang lebih rendah hanya dapat menikmati Bindae-tteok polos saja.

Namun sekarang Bindae-tteok dapat dinikmati oleh siapa saja. Seperti namanya, jajanan ini terbuat dari gilingan kacang hijau yang sudah direndam sebelumnya. Kemudian ditambah dengan berbagai sayuran serta daging, setelah itu adonan ini digoreng dalam bentuk bulat dan datar. Bindae-tteok ini sangat enak disantap ketika masih panas-panas dengan saus pedas yang biasanya disajikan.

2. Cheese Butter Baked Scallops

Jajanan Korea Yang Enak

photo via seoullikealocal.com

Jajanan selanjutnya yang wajib kamu cicipi yaitu Cheese Butter Baked Scallops. Jangan heran jika makanan satu ini banyak dijual di street food Korea, karena memang Korea Selatan dikenal juga dengan hidangan lautnya yang sangat menggiurkan.

Cheese Butter Baked Scallops merupakan jajanan yang berupa scallops atau simping yang dipotong-potong yang dimasak dengan mentega diatas cangkangnya. Kemudian ditambahkan dengan keju mozzarella lalu dibakar dengan menggunakan torch. Jajanan ini juga bisa kamu nikmati bersama dengan saos.

3. Eomuk

Jajanan Korea Yang Enak

photo via chosun.com

Eomuk Tang adalah daging ikan yang dihaluskan lalu dicampur dengan tepung terigu dan beberapa bumbu. Setelah itu, ditusuk dengan tusuk sate dan direbus dengan kaldu. Tak hanya ikan saja yang digunakan, kepiting dan cumi-cumi pun juga di campurkan dalam adonan.

Makanan ini sangat cocok dinikmati saat musim dingin karena cara makannya menggunakan kaldu kuah panas. Di Korea setidaknya ada 3 jenis eomuk yaitu eomuk dengan kuah kaldu, eomuk dengan saus mustard atau saus tomat dan eomuk tang atau eomuk guk yang disajikan dalam mangkuk kaldu dengan bawang serta kedelai.

4. Gyeran Bbang

Jajanan Korea Yang Enak

photo via facebook.com

Siapa sih yang tidak mengenal jajanan Korea terpopuler satu ini yaitu Gyeran Bbang. Jajanan ini bisa kamu temukan di hampir seluruh penjuru Korea Selatan.

Jajanan ini biasanya disajikan masih hangat sehingga menambah kenikmatannya. Gyeran Bbang ini terbuat dari sepotong roti berbentuk persegi panjang yang didalamnya ditambah dengan satu butir telur utuh. Teksturnya pun tergolong lembut dan memiliki rasa manis serta gurih.

5. Gimbap

Jajanan Korea Yang Enak

photo via seriouseats.com

Jajanan Korea satu ini tentunya sudah tidak asing lagi yaitu Gimbap. Makanan ini terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut, Gimbap ini biasanya disantap sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau beraktivitas di luar ruangan.

Saat ini ada banyak sekali variasi Gimbap yang dijual di Korea Selatan, namun gimbap yang dianggap paling asli di Korea Selatan yaitu Chungmu Gimbap yang berasal dari Chungmu di pesisir selatan Semenanjung Korea. Vhungmu Gimbap ini tidak memiliki isian melainkan hanya nasi gulung rumput laut yang disajikan dengan kimchi dan cumi-cumi.

6. Gilgeori Toast (Korean Egg Toast)

Jajanan Korea Yang Enak

photo via yingchen.life

Gilgeori Toast atau Korean Egg Toast merupakan salah satu jajanan Korea yang dapat dikonsumsi untuk sarapan. Jajanan ini berupa sandwich yang di dalamnya berisi telur dadar, sayuran, irisan smoke beef, taburan gula, olesan mayonnaise dan saus tomat.

Jajanan satu ini tentunya memiliki rasa manis, gurih dan pastinya sangat enak. Untuk porsinya sendiri tergolong cukup untuk mengenyangkan perut yang keroncongan. Gilgeori Toast ini biasa kamu dapatkan di penjual kaki lima hingga bakery shop.

7. Hweori Gamja (Tornado Potato)

Jajanan Korea Yang Enak

photo via naver.com

Jajanan satu ini tidak hanya dapat ditemukan di Korea Selatan saja, sekarang jajanan ini sudah banyak dijual di Indonesia dimana jajanan ini bernama Hweori Gamja atau kentang tornado. Hweori Gamja ini dibentuk dengan alat khusus, setelah dipotong dan membentuk spiral kemudian kentang ini ditusuk lalu digoreng dalam minyak yang panas. Makanan ini dapat dinikmati dengan berbagai bumbu dan saus.

Di Korea Selatan, jajanan ini banyak ditemui di kawasan street food seperti Myeongdong, Dongdaemun dan lainnya.

8. Jokbal (Pork Trotters)

Jajanan Korea Yang Enak

photo via maangchi.com

Makanan satu ini juga sering tampil dalam drama Korea atau variety show Korea Selatan, dimana makanan ini bernama Jokbal. Jokbal adalah makanan Korea yang terdiri dari trotters babi.

Biasanya makanan ini direbus menggunakan beraneka bumbu seperti kecap, jahe, bawang putih, bawang perai, kayu manis dan anggur beras.

9. Korean Grilled Cheese Lobster

Jajanan Korea Yang Enak

photo via dailytourist.com

Pecinta makanan laut wajib sekali mencicipi makanan Korea satu ini yaitu Korean Grilled Cheese Lobster. Makanan ini berupa lobster segar yang dipanggang dengan mentega terlebih dahulu. Setelah itu barulah ditaburi dengan keju mozzarella yang nikmat, jika sudah kecoklatan lobster pun siap dinikmati.

Ketika kamu mulai memakannya, kamu dapat merasakan bagaimana nikmatnya daging lobster yang lembut dipadukan dengan keju mozzarella yang akan melelh di dalam mulut, yummyyy……

Untuk harganya sendiri tergolong cukup mahal tapi sebanding dengan porsi dan rasanya.

10. Kimchijeon

Jajanan Korea Yang Enak

photo via maangchi.com

Berkunjung ke Korea Selatan rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi panekuk Korea atau jeon. Salah satu jeon yang bisa kamu cobain yaitu Kimchijeon. Kimchijeon adalah variasi dari jeon dimana umumnya terbuat dari irisan kimchi, adonan tepung dan beberapa sayuran lainnya. Terkadang Kimchijeon ini juga ditambahkan dengan daging.

Makanan ini memiliki cita rasa yang lezat meskipun makanannya termasuk hidangan sederhana tetapi banyak yang menyukainya.

Kimchijeon ini sering dikatakan sebagai hidangan rakyat bawah oleh masyarakat Korea. Hal ini dikarenakan siapapun dapat membuat hidangan satu ini tanpa membutuhkan biaya tambahan.

11. Mandu

Jajanan Korea Yang Enak

photo via news.joins.com

Sebenarnya mandu merupakan makanan yang berasal dari Cina dan masuk ke Korea sejak zaman Dinasti Goryeo. Makanan ini sejenis pangsit yang dibuat dengan adonan tepung yang didalamnya terdapat isian daging yang dibumbui.

Biasanya mandu dimakan pada saat musim dingin dan perayaan tahun baru Seolla atau tahun baru Imlek. Mandu ini juga memiliki bermacam-macam metode pembuatan ada yang direbus dalam sup kaldu yang panas, dikukud hingga digoreng.

Selain itu, mandu juga memiliki berbagai macam bentuk seperti bulat, persegi dan lonjong. Setiap daerah di Korea biasanya memiliki cara memasak tersendiri dan memiliki variasi yang lebih banyak.

12. Ojingeo Twigim (Deep Fried Giant Squid)

Jajanan Korea Yang Enak

photo via gosquabgo.com

Sama seperti Indonesia, Korea Selatan juga memiliki jajanan berupa gorengan yang biasa disebut dengan twigim. Twigim terbuat dari aneka bahan yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng hingga renyah.

Sebenarnya Twigim memiliki beberapa varian salah satunya yaitu Ojingeo Twigim. Ojingeo Twigim ini terbuat dari cumi-cumi dan biasanya cumi-cumi yang digunakan berukuran besar. Namun ada juga yang sudah dipotong memanjang.

Ketika kamu memakan Ojingeo Twigim ini, kamu bisa merasakan betapa renyah dan gurihnya jajanan satu ini. Jajanan ini juga bisa kamu padukan dengan tteokbokki.

13. Sundae

Jajanan Korea Yang Enak

photo via lucasartor.com

Jangan mengira jika makanan satu ini berupa es krim, sundae sendiri adalah hidangan Korea yang umumnya dibuat dengan merebus atau mengukus usus sapi atau babi yang didalamnya berisi dengan berbagai macam bahan.

Makanan sejenis sosis darah ini diyakini telah dimakan sejak lama. Dimana resep yang terkait dengan sundae dapat ditemukan dalam buku masak Joseon yang diterbitkan pada abad ke-19.

14. Tteokbokki

Jajanan Korea Yang Enak

photo via lotteon.com

Dari sekian banyak jajanan Korea, makanan satu ini bisa dikatakan paling populer yaitu Tteokbokki. Makanan ini terbuat dari tteok yang dimasak dengan bumbu gochujang sehingga memiliki citarasa pedas dan manis.

Selain dapat ditemui di pinggiran jalan dan restoran, kini Tteokbokki juga dikemas dalam bentuk instan sehingga kamu tidak perlu repot untuk mencicipinya.

15. Yangnyeom Tongdak (Korean Fried Chicken)

Jajanan Korea Yang Enak

photo via etoday.co.kr

Terakhir, jajanan Korea yang harus kamu cicipi kelezatannya yaitu Yangnyeom Tongdak atau ayam goreng Korea. Ayam goreng Korea satu ini pastinya akan menggoyang lidahmu karena dibumbui saus pedas manis gochujang, bawang putih, gula dan bumbu-bumbu lainnya.

Biasanya makanan ini sering dihidangkan sebagai anju yaitu makanan pendamping minuman keras di Korea Selatan.

Bagaimana jajanan Korea diatas menggugah selera bukan? Beberapa jajanan diatas juga sudah banyak yang tersedia di Indonesia baik di jual langsung di beberapa restoran maupun yang instan. Meskipun masih ada beberapa jajanan yang masih belum tersedia. Jika kamu berencana berlibur ke Korea Selatan, jangan lupa untuk mencicipi jajanan Korea diatas ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait