Berhati-hatilah!! Hal-hal Ini Akan Menggodamu Saat Puasa

2 tahun lalu, by blogunik

Saat menjalani ibadah puasa tak sedikit masalah yang menghampiri umatnya agar puasanya batal. Namun kalian harus ingat bahwa Semakin tinggi godaan semakin tinggi pula kualitas puasanya.

Untuk itu kalian harus kenali dulu godaan-godaan yang paling sering muncul saat Ramadhan. Secara definisi syariat, puasa berarti mengekang diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa, sejak terbit fajar sampai tenggelamnya matahari.

Secara etimologis, puasa bermakna mengekang diri (al-imsak) dalam artian umum: Tidak bergosip, biasa disebut puasa bicara. Tidak tidur larut malam, biasa disebut puasa tidur. Kelihatanya sih mudah, tapi praktiknya jauh lebih sulit. Karena godaan orang yang berpuasa selain banyak dan beragam juga bisa sangat menggoda.

1. Haus dan lapar

Masih banyak yang beranggapan bahwa godaan terbesar saat puasa adalah haus dan lapar, khususnya haus. Namun ada tips untuk mengatasinya. Cara yang paling mudah, makan yang mengandung protein tinggi dan minum minuman yang manis. Selain itu tetap jaga asupan air putih, walaupun puasa kita tetap butuh 8 gelas air agar metabolisme kita terjaga dan tidak mengalami dehidrasi saat siang hari.

Baca Juga Tempat Wisata Tinggi Yang Menguji Adrenalin

2. Lapar Mata

Tidak dipungkiri lagi bahwa yang satu ini tergolong sulit. Melihat makanan atau es teh disiang hari membuat air liur kita serasa ingin tumpah. Selain itu godaan menjelang buka puasa juga sangat besar. Terlebih lagi biasanya kita akan membeli banyak makanan atau minuman yang terlihat enak saat berbuka.

 

3. Membicarakan Orang (bergosip)

Entah sadar atau tidak, hal ini sudah menjadi kebiasaan kita. Khususnya wanita, tapi lelaki juga sering. Jangan sampai hal ini anda lakukan saat puasa, atau anda tidak akan mendapat manfaat dari puasa selain hanya lapar dan haus. Jika ada teman yang tanpa sengaja ingin menciptaka obrolan yang mengarah membicarakan orang, maka stop pembicaraan. Selain itu anda juga bisa menyibukkan diri dengan mendengarkan murotal alquran.

Baca Juga Pasar Malan Terkenal di Dunia

4. Teman-teman Yang Tidak Berpuasa

Teman, kadang bisa jadi baik atau jahat. Tidak jarang saat puasa mereka khususnya yang tidak puasa menjadi godaan bagi kita. Maka dari itu, teguhkan hati kita jika ada godaan-godaan dari teman-teman yang tidak berpuasa, seperti memakan cemilan atau es. Tapi ingat ya sobat, kita juga harus memaklumi mereka yang tidak berpuasa, karena percayalah kalau kalian melakukan itu, mereka yang tidak berpuasa akan menghormati kalian yang sedang berpuasa. Yang penting kalian harus menguatkan iman dan hati, walau makanan atau minuman yang lewat seenak apapaun yakinlah bahwa kalian tidak akan tergoda.

 

5. Emosi

Nah ini yang kadang tanpa sadar kita sering alami. Saat sedang bekerja misalnya, kerjaan yang kalian buat tidak benar-benar bisa saja kalian mengumpat kata-kata kasar yang bisa membuat puasamu batal, atau saat enak-enak ngobrol, keluar kata-kata yang tanpa sengaja menyakiti hati orang lain, atau sebaliknya. Maka dari itu saat bukan puasa, jangan lupa tahan mulut kita agar tidak berucap yang tidak baik. Posisi perut lapar, kesalah pahaman kecil seperti api kecil saja bisa menjadi membakar sebuah rumah dan mobil dan lain-lainnya jika terdengar ditelinga orang lain.

Baca Juga Keindahan Korea Utara Yang Jarang Diketahui Orang

6. Pacar

Kalau kalian yang JOJOBA alias Jomblo-jomblo Bahagia sepertinya tidak akan berpengaruh apa-apa pada rutinitas puasa kalian. Melainkan hal ini sangat berpengaruh pada mereka yang sedang memiliki pacar atau kekasih. Hubungan kalian yang belum halal ini harus diperhatikan saat bulan puasa. Jangan sampai kalian melakukan hal-hal yang dilarang agama seperti ? cipika-cipiki atau sejenisnya. Ingat kalian itu bukan muhrim, jadi harus selalu berhati-hati saat bersikap dengan pacar saat bulan Ramadhan kalau tidak mau puasamu batal.

 

7. Merokok

Kalian yang mempunyai kebiasaan atau hobi ngerokok, mungkin sangat sulit untuk menghentikan kegiatan merokok. Namun tips sederhana yang bisa kalian coba, kalian harus tanamkan keyakinan bahwa kalian bisa. Apalagi jika kalian ingin berhenti merokok, maka Ramadhan ini menjadi moment spesial untuk berhenti.

Baca Juga Tempat Liburan Paling Gila di Dunia

8. Menyontek

Kalian yang masih sekolah mungkin akan mengalami masa-masa sulit ini. Banyak sekolah yang biasa mengadakan ulangan saat puasa. Mungkin niatnya agar mengurungkan niat siswa untuk mencontek. Mungkin untuk siswa yang berkategori “lurus”, cara ini bisa sangat ampuh, sebaliknya siswa yang berkategori “sedikit pembangkang”, bisa jadi hal ini menjadi dilema antara mendapat nilai bagus dengan mencontek namun puasa menjadi ternoda, bahkan batal, atau nilai hancur namun kesucian puasa tetap terjaga.

Baca Juga Rumah Pohon Unik dan Nyata di Dunia

Nah itulah beberapa godaan-godaan yang sering dihadapi oleh orang-orang yang menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Semoga artikel ini bermanfaat ya sobat.

 

Artikel Terkait